PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Seiring
dengan metode pembelajaran, maka keberhasilan kegiatan belajar mengajar di
perguruan tinggi tidak hanya ditentukan oleh faktor pengajar/dosen, melainkan
sangat dipengaruhi oleh keaktifan mahasiswa, pengajar bukan sebagai
satu-satunya sumber belajar atau sumber informasi, melainkan berperan sebagai
fasilitator, dinamisator, dan motivator dalam pembelajaran.
Selain
sumber belajar berupa perpustakaan yang tersedia di kampus, sekarang ini
berkembang teknologi internet dengan pemanfaatan computer yang memberikan
kemudahan dan keleluasaan dalam menggali ilmu pengetahuan. Melalui internet
mahasiswa dapat mengakses berbagai literatur dan referensi ilmu pengetahuan
yang dibutuhkan dengan cepat, sehingga dapat mempermudah proses studinya.
B.
Rumusan Masalah
Untuk
memperjelas permasalahan yang akan dibahas, maka masalah tersebut dirumuskan
sebagai berikut :
1. Apakah siswa
dan mahasiswa telah memanfaatkan internet sebagai sumber belajar ?
2. Alasan apa
yang memotivasi siswa dan memanfaatkan internet sebagai sumber belajar ?
3. Faktor apa
sajakah yang mendukung dan menghambat siswa dan mahasiswa untuk memanfaatkan
internet sebagai sumber belajar ?
C.
Batasan Masalah
Meskipun banyak permasalahan yang berkaitan dengan
pemanfaatan sumber belajar dalam proses pembelajaran, namun dalam pembahasan
ini hanya membatasi pada masalah pemanfaatan internet dan komputer sebagai
sumber belajar oleh siswa dan mahasiswa.
D.
Tujuan
Pembahasan
ini bertujuan untuk mengetahui :
1. Jumlah
siswa dan mahasiswa yang telah memanfaatkan internet dan komputer sebagai
sumber belajar.
2. Alasan
yang memotivasi siswa dan mahasiswa memanfaatkan internet dan komputer sebagai
sumber belajar.
3. Faktor-faktor
yang mendukung dan menghambat siswa dan mahasiswa memanfaatkan internet dan
komputer sebagai sumber belajar.
E. Manfaat
1. Meningkatkan
pemanfaatan teknologi internet sebagai sumber belajar, sehingga mempercepat
masa studinya.
2. Bagi
program studi, sebagai bahan pertimbangan dalam membuat kebijakan dan program
kerja yang berkaitan dengan fasilitas sumber belajar.
3. Bagi
yang membahas, sebagai dorongan untuk lebih meningkatkan penguasaan teknologi
informasi sehingga dapat memperbaiki kemampuan dalam mengajar.
BAB II
PEMBAHASAN
PEMANFAATAN KOMPUTER DI
MASYARAKAT DALAM PEMBELAJARAN
A. Hubungan Komputer dan Masyarakat
Mengapa
komputer dihubungan dengan masyarakat? Mengapa bukan teknologi informasi yang
dibahas? adalah John Preston orang yang mempopulerkan tema ini dalam bukunya
Computer in a Changing Society dijelaskan bahwa teknologi informasi (TI)
sekarang ini identik dengan komputer, bicara TI maka pasti berhubungan dengan
komputer. Namun terlepas dari itu, komputer dan masyarakat merupakan sebuah
studi tentang bagaimana pemanfaatan komputer di berbagai aspek kehidupan di
masyarakat (sosial komputer), bagaimana computer memberi pengaruh, bahkan
membentuk budaya atau tren baru.
Pada
tulisan kali ini, mencoba membahas hal yang terkait dengan komputer dan
masyarakat, yaitu pemanfaatan komputer pada bidang pendidikan. Pendidikan saat
ini dapat secara signifikan dipengaruhi oleh penggunaan komputer untuk
melakukan kegiatan belajar jarak jauh. Jika siswa dan guru menggunakan komputer
atau internet pada waktu yang sama, ini disebut pertemuan kelas sinkronus. Jika
siswa dan guru mengirim pesan dan bertukar informasi pada waktu yang berlainan,
kelas ini disebut asinkronus. Istilah pendidikan jarak jauh sudah umum
digunakan karena metode ini populer untuk mengajar banyak orang di area yang
tersebar. Model pendidikan ini juga populer diantara siswa yang punya jadwal
kerja padat dan berlokasi pada jarak yang jauh.
B. Defenisi
Komputer dan internet
a.
Komputer
Komputer
adalah alat yang dipakai untuk mengolah informasi menurut prosedur yang telah
dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang
perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu,
tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal
mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah
aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak
berhubungan dengan matematika.
b.
Internet
Internet
adalah kependekan dari inter-network. Secara harfiah mengandung pengertian
sebagai jaringan komputer yang menghubungkan beberapa rangkaian. Jaringan
internet juga didefinisikan sebagai jaringan komputer yang mampu menghubungkan
komputer di seluruh dunia sehingga berbagai jenis dan bentuk informasi dapat
dikomunikasikan antar kawasan dunia secara instan dan global.
Selain
kedua pengertian di atas, internet juga disebut sebagai sekumpulan jaringan
komputer yang menghubungkan situs akademik, pemerintahan, komersial,
organisasi, maupun perorangan. Internet menyediakan akses untuk layanan
telekomunikasi dari sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar
di seluruh dunia. Layanan internet meliputi komunikasi langsung (e-mail, chat),
diskusi (usenet news, bulletin board),
sumber daya informasi yang terdistribusi (World Wide Web, Ghoper), remote login
dan lalu lintas file (Telnet, FTP), serta berbagai layanan lainnya .
Sejalan
dengan perkembangan internet, telah banyak aktivitas yang dilakukan dengan
memanfaatkan jaringan internet, seperti e-Commerce, e-Banking, e-Government,
e-Learning dan lainnya. Salah satu aktivitas yang berkaitan dengan proses
pembelajaran adalah e-Learning. E-Learning adalah wujud penerapan teknologi
informasi di bidang pendidikan dalam bentuk sekolah maya. E-Learning merupakan
usaha untuk membuat sebuah transformasi proses belajar mengajar di sekolah
dalam bentuk digital yang dijembatani/diperantarai oleh teknologi internet.
C. Internet
dalam kegiatan belajar
Fred
S Keller, teknologi pendidikan era tahun 1960-an mengkritik penerapan metode-metode
pembelajaran konvensional yang kurang menarik perharian peserta didik. Menurut
dia, peserta didik harus diberi akses yang lebih luas dalam menentukan apa yang
ingin mereka pelajari sesuai minat, kebutuhan, dan kemampuannya. Dikatakannya
pula bahwa guru bukanlah satu-satunya pemegang otoritas pengetahuan di kelas.
Siswa harus diberi kemandirian untuk belajar dengan memanfaatkan berbagai
sumber belajar.
Kekayaan
informasi yang sekarang tersedia di internet telah lebih mencapai harapan dan
bahkan imajinasi para penemu sistemnya. Melalui internet dapat diakses
sumber-sumber informasi tanpa batas dan aktual dengan sangat cepat. Adanya
internet memungkinkan seseorang di Indonesia untuk mengakses perpustakaan di
Amerika Serikat dalam bentuk Digital Library. Sudah banyak pengalaman tentang
kemanfaatan internet dalam penelitian dan penyelesaian tugas akhir mahasiswa.
Tukar
menukar informasi atau tanya jawab dengan pakar dapat juga dilakukan melalui
internet. Tanpa teknologi internet banyak tugas akhir dan thesis yang mungkin
membutuhkan waktu lebih banyak untuk menyelesaikannya.
BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN
A.
Kesimpulan
Pendidikan
saat ini dapat secara signifikan dipengaruhi oleh penggunaan komputer untuk
melakukan kegiatan belajar jarak jauh. Jika siswa dan guru menggunakan komputer
atau internet pada waktu yang sama, ini disebut pertemuan kelas sinkronus. Jika
siswa dan guru mengirim pesan dan bertukar informasi pada waktu yang berlainan.
Sudah jelas bahwa komputer itu mempermudah pekerjaan
manusia dalam menjalankan setiap aspek kehidupan. Untuk saat sekarang ini
komputer sudah memasuki ranah perdagangan, pendidikan, bahkan pertanian.
Misalkan dalam perdangangan komputer dimanfaatkan untuk perhitungan dimeja
kasir, dalam pendidikan komputer digunakan sebagai media pembelajaran, dan
dalam dunia pertanian komputer digunakan untuk melihat geografis, atau
tofografi sebuah wilayah.
Penulis dalam membuat makalah ini juga membutuhkan
komputer dan internet. Meskipun dalam karya ilmiah tetap menggunakan buku
sebagai sember primer, namun keberadaan komputer dan internet sebagai sumber
pendukung tak bisa dipungkiri lagi.
B.
Saran
Walaupun
komputer dan internet bisa mempermudah pekerjaan kita namun kita jangan lupa
bahawa tetap harus kita yang mengendalikannya. Karena komputer hanyalah sebuah
hardware dan software, dan manusia adalah brainware atau pemakainya.
Kita
juga harus tetap berhati-hati terhadap data yang tersimpan di komputer, jangan
menyimpan data penting hanya pada 1 tempat, karena komputer hanyalah sebuah
perangkat yang bisa rusak dan corrupt. Jika kita mempercayakannya secara penuh
bisa menjadi masalah nantinya untuk kita.
Untuk
internet sendiri kita sudah dipermudah dengan mesin pencari yang bisa menemukan
data apapun di internet. Untuk itu efek positif dan negatif tentu saja akan
mempengaruhi kita. Karena kita penggunanya maka kitalah yang dapat memilih
internet sehat. Yang terakhir karena komputer sudah menjadi bagian dari hidup
manusia untuk membantu pekerjaannya maka sebaiknya pergunakannya dengan baik
dan manfaatkan secara optimal.
Referensi
http://chachameilisa.blogspot.com/2011/03/komputer-dan-masyarakat.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan. jika ada pertanyaan silahkan hubungi kontak.