Pemanfaatan Komputer dalam Pembelajaran


e-lerning belajar melalui internet

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Seiring dengan metode pembelajaran, maka keberhasilan kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi tidak hanya ditentukan oleh faktor pengajar/dosen, melainkan sangat dipengaruhi oleh keaktifan mahasiswa, pengajar bukan sebagai satu-satunya sumber belajar atau sumber informasi, melainkan berperan sebagai fasilitator, dinamisator, dan motivator dalam pembelajaran.
Selain sumber belajar berupa perpustakaan yang tersedia di kampus, sekarang ini berkembang teknologi internet dengan pemanfaatan computer yang memberikan kemudahan dan keleluasaan dalam menggali ilmu pengetahuan. Melalui internet mahasiswa dapat mengakses berbagai literatur dan referensi ilmu pengetahuan yang dibutuhkan dengan cepat, sehingga dapat mempermudah proses studinya.

B. Rumusan Masalah
Untuk memperjelas permasalahan yang akan dibahas, maka masalah tersebut dirumuskan sebagai berikut :
1. Apakah siswa dan mahasiswa telah memanfaatkan internet sebagai sumber belajar ?
2. Alasan apa yang memotivasi siswa dan memanfaatkan internet sebagai sumber belajar ?
3. Faktor apa sajakah yang mendukung dan menghambat siswa dan mahasiswa untuk memanfaatkan internet sebagai sumber belajar ?

C. Batasan Masalah
Meskipun banyak permasalahan yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber belajar dalam proses pembelajaran, namun dalam pembahasan ini hanya membatasi pada masalah pemanfaatan internet dan komputer sebagai sumber belajar oleh siswa dan mahasiswa.
D. Tujuan
Pembahasan ini bertujuan untuk mengetahui :
1.      Jumlah siswa dan mahasiswa yang telah memanfaatkan internet dan komputer sebagai sumber belajar.
2.      Alasan yang memotivasi siswa dan mahasiswa memanfaatkan internet dan komputer sebagai sumber belajar.
3.      Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat siswa dan mahasiswa memanfaatkan internet dan komputer sebagai sumber belajar.

E. Manfaat
1.      Meningkatkan pemanfaatan teknologi internet sebagai sumber belajar, sehingga mempercepat masa studinya.
2.      Bagi program studi, sebagai bahan pertimbangan dalam membuat kebijakan dan program kerja yang berkaitan dengan fasilitas sumber belajar.
3.      Bagi yang membahas, sebagai dorongan untuk lebih meningkatkan penguasaan teknologi informasi sehingga dapat memperbaiki kemampuan dalam mengajar.



BAB II
PEMBAHASAN
PEMANFAATAN KOMPUTER DI MASYARAKAT DALAM PEMBELAJARAN

A. Hubungan Komputer dan Masyarakat
Mengapa komputer dihubungan dengan masyarakat? Mengapa bukan teknologi informasi yang dibahas? adalah John Preston orang yang mempopulerkan tema ini dalam bukunya Computer in a Changing Society dijelaskan bahwa teknologi informasi (TI) sekarang ini identik dengan komputer, bicara TI maka pasti berhubungan dengan komputer. Namun terlepas dari itu, komputer dan masyarakat merupakan sebuah studi tentang bagaimana pemanfaatan komputer di berbagai aspek kehidupan di masyarakat (sosial komputer), bagaimana computer memberi pengaruh, bahkan membentuk budaya atau tren baru.
Pada tulisan kali ini, mencoba membahas hal yang terkait dengan komputer dan masyarakat, yaitu pemanfaatan komputer pada bidang pendidikan. Pendidikan saat ini dapat secara signifikan dipengaruhi oleh penggunaan komputer untuk melakukan kegiatan belajar jarak jauh. Jika siswa dan guru menggunakan komputer atau internet pada waktu yang sama, ini disebut pertemuan kelas sinkronus. Jika siswa dan guru mengirim pesan dan bertukar informasi pada waktu yang berlainan, kelas ini disebut asinkronus. Istilah pendidikan jarak jauh sudah umum digunakan karena metode ini populer untuk mengajar banyak orang di area yang tersebar. Model pendidikan ini juga populer diantara siswa yang punya jadwal kerja padat dan berlokasi pada jarak yang jauh.

B. Defenisi Komputer dan internet
a. Komputer
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah informasi menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

b. Internet
Internet adalah kependekan dari inter-network. Secara harfiah mengandung pengertian sebagai jaringan komputer yang menghubungkan beberapa rangkaian. Jaringan internet juga didefinisikan sebagai jaringan komputer yang mampu menghubungkan komputer di seluruh dunia sehingga berbagai jenis dan bentuk informasi dapat dikomunikasikan antar kawasan dunia secara instan dan global.
Selain kedua pengertian di atas, internet juga disebut sebagai sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan situs akademik, pemerintahan, komersial, organisasi, maupun perorangan. Internet menyediakan akses untuk layanan telekomunikasi dari sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar di seluruh dunia. Layanan internet meliputi komunikasi langsung (e-mail, chat), diskusi (usenet news,  bulletin board), sumber daya informasi yang terdistribusi (World Wide Web, Ghoper), remote login dan lalu lintas file (Telnet, FTP), serta berbagai layanan lainnya .
Sejalan dengan perkembangan internet, telah banyak aktivitas yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan internet, seperti e-Commerce, e-Banking, e-Government, e-Learning dan lainnya. Salah satu aktivitas yang berkaitan dengan proses pembelajaran adalah e-Learning. E-Learning adalah wujud penerapan teknologi informasi di bidang pendidikan dalam bentuk sekolah maya. E-Learning merupakan usaha untuk membuat sebuah transformasi proses belajar mengajar di sekolah dalam bentuk digital yang dijembatani/diperantarai oleh teknologi internet.

C. Internet dalam kegiatan belajar
Fred S Keller, teknologi pendidikan era tahun 1960-an mengkritik penerapan metode-metode pembelajaran konvensional yang kurang menarik perharian peserta didik. Menurut dia, peserta didik harus diberi akses yang lebih luas dalam menentukan apa yang ingin mereka pelajari sesuai minat, kebutuhan, dan kemampuannya. Dikatakannya pula bahwa guru bukanlah satu-satunya pemegang otoritas pengetahuan di kelas. Siswa harus diberi kemandirian untuk belajar dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar.
Kekayaan informasi yang sekarang tersedia di internet telah lebih mencapai harapan dan bahkan imajinasi para penemu sistemnya. Melalui internet dapat diakses sumber-sumber informasi tanpa batas dan aktual dengan sangat cepat. Adanya internet memungkinkan seseorang di Indonesia untuk mengakses perpustakaan di Amerika Serikat dalam bentuk Digital Library. Sudah banyak pengalaman tentang kemanfaatan internet dalam penelitian dan penyelesaian tugas akhir mahasiswa.

Tukar menukar informasi atau tanya jawab dengan pakar dapat juga dilakukan melalui internet. Tanpa teknologi internet banyak tugas akhir dan thesis yang mungkin membutuhkan waktu lebih banyak untuk menyelesaikannya.




BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN

A.    Kesimpulan
Pendidikan saat ini dapat secara signifikan dipengaruhi oleh penggunaan komputer untuk melakukan kegiatan belajar jarak jauh. Jika siswa dan guru menggunakan komputer atau internet pada waktu yang sama, ini disebut pertemuan kelas sinkronus. Jika siswa dan guru mengirim pesan dan bertukar informasi pada waktu yang berlainan.
Sudah jelas bahwa komputer itu mempermudah pekerjaan manusia dalam menjalankan setiap aspek kehidupan. Untuk saat sekarang ini komputer sudah memasuki ranah perdagangan, pendidikan, bahkan pertanian. Misalkan dalam perdangangan komputer dimanfaatkan untuk perhitungan dimeja kasir, dalam pendidikan komputer digunakan sebagai media pembelajaran, dan dalam dunia pertanian komputer digunakan untuk melihat geografis, atau tofografi sebuah wilayah.
Penulis dalam membuat makalah ini juga membutuhkan komputer dan internet. Meskipun dalam karya ilmiah tetap menggunakan buku sebagai sember primer, namun keberadaan komputer dan internet sebagai sumber pendukung tak bisa dipungkiri lagi.
B.     Saran
Walaupun komputer dan internet bisa mempermudah pekerjaan kita namun kita jangan lupa bahawa tetap harus kita yang mengendalikannya. Karena komputer hanyalah sebuah hardware dan software, dan manusia adalah brainware atau pemakainya.
Kita juga harus tetap berhati-hati terhadap data yang tersimpan di komputer, jangan menyimpan data penting hanya pada 1 tempat, karena komputer hanyalah sebuah perangkat yang bisa rusak dan corrupt. Jika kita mempercayakannya secara penuh bisa menjadi masalah nantinya untuk kita.
Untuk internet sendiri kita sudah dipermudah dengan mesin pencari yang bisa menemukan data apapun di internet. Untuk itu efek positif dan negatif tentu saja akan mempengaruhi kita. Karena kita penggunanya maka kitalah yang dapat memilih internet sehat. Yang terakhir karena komputer sudah menjadi bagian dari hidup manusia untuk membantu pekerjaannya maka sebaiknya pergunakannya dengan baik dan manfaatkan secara optimal.

Referensi

http://chachameilisa.blogspot.com/2011/03/komputer-dan-masyarakat.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan. jika ada pertanyaan silahkan hubungi kontak.

 

Most Reading

Arsip